Sejarah Facebook Ads yang Harus Diketahui Seorang Internet Marketer

  • 9 bulan ago
  • 425 Views
  • 0 0

Perkembangan teknologi saat ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Kecanggihan teknologi ini bisa membuat seorang pebisnis mempromosikan brandnya tanpa terbatas ruang dan waktu. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Facebook Ads. Tapi apa sih Facebook Ads itu? Bagaimana sejarah Facebook Ads? Simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Facebook Ads

Facebook Ads adalah sebuah aplikasi iklan online dari pihak Facebook. Dengan menggunakan Facebok Ads ini maka akan lebih memudahkan Anda untuk berbisnis online. Facebook Ads bisa juga dikenal dengan istilah FB Ads.

Melalui Facebook Ads ini, seorang internet marketer bisa memasang iklan menggunakan Ads Manager. Sehingga dengan Facebook Ads bisnis atau usaha seorang internet marketer dapat mudah ditemukan,diketahui dan dikenal pada beranda Facebook oleh pengguna .

Nah, adanya Facebook Ads ini berperan penting untuk sarana promosi Anda. Apalagi Facebook Ads bisa mempromosikan brand Anda dengan tepat sasasran. Artinya, bisa menyesuaikan sesuai demografi wilayah, jenis kelamin, usia ataupun latar belakang pendidikan juga bisa.

Canggih bukan? Anda tidak perlu susah-susah berjalan panas-panas mencari target promosi. Cukup dengan menggunakan Facebook Ads, Anda sudah bisa mempromosikan brand Anda tanpa terbatas jarak di belahan dunia manapun. Namun, seperti apakah sejarah Facebook Ads itu sendiri? Apakah Facebook Ads sudah ada semenjak Facebook itu sendiri berdiri? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Asal Mula Facebook Ads

Siapapun sudah tahu jika penemu Facebook adalah Marck Zuckerbeg pada tahun 2006. Facebook didirikan oleh mahasiswa Universitas Harvard bernama Mark Zuckerberg bersama dengan teman sekamarnya. Teman-temannya juga mahasiswa Universitas Harvard, mereka bernama Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Awalnya Facebook hanya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja. Hingga kemudian Facebook mulai diperluas ke perguruan tinggi lainnya seperti Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Lalu Facebook ini secara perlahanpun mulai diakses oleh mahasiswa-mahasiswa di universitas lainnya. Facebook pun juga dibuka kepada siswa sekolah menengah atas, hingga pada akhirnya Facebookpun juga dibuka untuk anak-anak minimal 13 tahun.

Nama Facebook sendiri diberikan karena berasal dari pemikiran sebuah nama buku yang diberikan kepada mahasiswa di Harvard. Buku itu diberikan oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa. Ya, membantu mahasiswa untuk bisa mengenal nama teman-temannya satu sama lain.

Nah, seiring dengan berkembangnya teknologi, maka  pada tahun 2013, Facebookpun mulai mengambil ancang-ancang untuk memaksimalkan perolehan pendapatan dari keberadaan smartphone yang memasifkan penggunaan aplikasi mobile.

Eksekutif bidang periklanan Facebook yang bernama Brian Boland, mengatakan bahwasannya banyak sekali keresahan pada situs iklan online. Banyak pengiklan yang menyatakan minimnya penargetan yang tepat dari sistem periklanan yang ada selama ini. Sistem tersebut seperti yang ada pada Google AdMob, MoPub milik Twitter, dan Millennial Media.

Lalu, pada tahun 2013 Facebook mulai bertindak serius mengenai periklanan di smarthopne. Salah satunya adalah dengan menggunakan Facebook Audience Network atau kerap disebut dengan singkatan FAN. Disusul kemudian dengan Facebook Ads atau bisa juga disebut dengan FB Ads.

Nah, sistem periklanan Facebook sendiri telah berjalan sejak 2014 silam. Sayangnya sistem periklanan ini hanya terbatas pada kalangan pengiklan saja. Facebook saat itu belum membuka diri dengan pengembang aplikasi mobile maupun publisher website.

Namun saat ini Facebook Ads sudah bisa diakses oleh siapapun. Ya, sekarang Facebook Ads ini sudah mulai digemari oleh para pelaku bisnis online. Baik itu seseorang yang berbasis toko online atau yang berbasis web informasi. Mereka semua mencari trafik / pengunjung dari Facebook yang sebelumnya sudah ditargetkan kepada pembaca. Menariknya dari Facebook Ads adalah pengunjungnya bisa disetting .

Ya, misalkan Anda ingin menjual sepatu di Facebook Ads , maka dari pihak Facebook Ads akan memfilter pada orang-orang yang menyukai sepatu saja. Pihak Facebook Ads akan menampilkan iklan yang Anda pasang sesuai dengan audience.

Ya, seperti itulah sejarah Facebook Ads yang bisa kami ulas. Semoga bisa memberi manfaat bagi pembaca.

Komentar

Leave a Comment

Menu
Join our feeds to automatically receive the latest headlines, news, and information formatted for your club's website or news reader.