Step By Step Menjalankan Facebook Ads

  • 1 tahun ago
  • 2196 Views
  • 6 12

Anda memiliki sebuah bisnis online? Sayang sekali jika bisnis online Anda tidak coba dipromosikan dengan menggunakan iklan dari Facebook Ads. Atau masih ada yang tidak tahu apa itu Facebook Ads?  Tenang, artikel ini akan membantu Anda mencari jawaban apakah  Facebook Ads itu dan bagaimana langkah atau step menjalankan Facebook Ads.

Pengertian Facebook Ads

Facebook Ads adalah layanan iklan online dari pihak Facebook. Facebook Ads bisa juga disebut dengan nama FB Ads.  Nah, supaya Anda bisa menggunakan layanan iklan dari Facebook ini, maka Anda harus membuat fan page terlebih dahulu. Sebab  iklan ini akan mempromosikan fan page akun bisnis yang Anda buat.

Setelah Anda memiliki fan page, maka Anda bisa mengatur akun Anda untuk mendaftar Facebook Ads. Manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan Facebook Ads ini cukup besar. Fan page akun bisnis Anda akan dipromosikan oleh pihak Facebook.

Uniknya,  Facebook Ads ini bisa menyesuaikan konsumen yang akan Anda target bagi bisnis on line Anda. Artinya adalah jika Anda ingin berjualan kosmetik, maka secara otomatis, dari Facebook Ads akan menayangkan iklan Anda untuk dipromosikan pada akun Facebook dari kalangan wanita.

Menarik sekali bukan? Namun apakah cara menggunakan aplikasi ini semudah bayangan keuntungan yang akan dapatkan? Tenang saja, tidak ribet kok menjalankan Facebook Ads. Berikut adalah  step menjalankan Facebook Ads bagi Anda yang bingung mengaturnya.

Tutorial Facebook Ads

Jadi ketika Anda sudah memiliki fan page dan ingin memulai iklan Facebook,  lihatlah beranda Facebook Anda. Setelah itu pilihlah icon iklan Facebook/Ads Manager. Bisa juga melalui sisi kanan di beranda bawah iklan baris, Anda memilih Advertising.

Lalu ketika sudah menemukan icon iklan Facebook, hal yang perlu Anda ketahui  adalah lihat ke bagian menu “Campaign & Ads”. Menu tersebut menampilkan proyek iklan Anda. Lalu lihat ke  bagian billing, di mana menu itu merupakan pengaturan tentang tagihan dan sumber dana untuk pembayaran iklan Facebook.

Cara selanjutnya adalah lihat ke menu Power Editor. Adanya menu Power Editor ini berfungsi untuk memaksimalkan Iklan Facebook. Meskipun sebenarnya dengan atau tanpa mengakses menu Power Editorpun, Anda tetap bisa beriklan di Facebook tanpa terkecuali.

Nah, step menjalankan Facebook Ads selanjutnya adalah lihat ke sisi kanan dashboard iklan Facebook Anda, ada tulisan button, kliklah. Maka dengan mengklik Andapun siap untuk beriklan di Facebook. Ketika beriklan di Facebook, perhatikan hal-hal di bawah ini.

Step pertama yang akan muncul adalah pertanyaan tentang target konsumen Anda, dan jenis iklan yang ingin Anda pilih.

Ini adalah menu yang akan Anda hadapi ketika menentukan jenis iklan yang Anda pilih :

  1. Klik pada website untuk mengiklankan sebuah website/link/URL,
  2. Website conversion berfungsi untuk mengiklankan website dengan mengetahui seberapa besar tingkat konversinya,
  3. Page post engagement untuk mengiklankan posting atau status fanpage Facebook,
  4. Page likes untuk mengiklankan fanpage agar like nya bertambah ata menambah likes
  5. App Installs untuk mengiklankan aplikasi Facebook yang Anda buat agar banyak diinstall oleh pengguna Facebook,
  6. App engagement untuk mengiklankan aplikasi Facebook/games agar banyak engagement/interaksi yang terjadi,
  7. Event respon berfungsi untuk mengiklankan event/acara, agar banyak attendee (peserta) yang hadir,
  8. Offer claims untuk mengiklankan promo produk dengan voucher diskon tertentu,
  9. Video Views untuk mengiklankan video yang Anda upload di fanpage Facebook Anda agar banyak orang yang melihat.

Step kedua, setelah menyetting iklan adalah menentukan target pasar. Target konsumen ini bisa Anda lihat berdasarkan jenis kelmain, wilayah, usia, hobi, minat dst.

Step ketiga, pengaturan koneksi. Pilihan koneksi ini menawarkan pada Anda apakah yang melihat adalah audience yang sudah terkoneksi fanpage Anda atau tidak, atau semua orang.

Step ketiga, mengatur budget dan penawaran harga iklan. Pada step ini, Anda akan ditampilkan menu mengenai pembiayaaan iklan Facebook Anda. Menu pembayaran ini terbagi menjadi 2 klasifikasi. Yakni biaya iklan berdasarakan lifetime yang berarti Anda menyediakan uang yang digunakan sampai habis untuk beberapa hari. Atau membayar biaya per hari yang artinya Anda menghabiskan biaya sekian rupiah per hari.

Nah, step terakhir adalah ika Anda sudah mensetting jenis pembayaran iklan Facebook-nya, maka kliklah “Place Order” untuk memproses iklan. Bisa juga Anda mengklik “Review Ad” untuk mereview iklan terlebih dahulu. Ya, seperti itulah step menjalankan Facebook Ads.

 

 

Komentar

Leave a Comment

Menu
Join our feeds to automatically receive the latest headlines, news, and information formatted for your club's website or news reader.